Cara Mengatasi Balita Susah Makan dengan Mudah Dirumah

Anak-anak khususnya masa balita merupakan masa dimana membutuhkan banyak asupan nutrisi. Hal itu disebabkan karena pada usia ini mereka lebih aktif sehingga butuh nutrisi tambahan sehingga perkembangan mereka bisa baik. Oleh karena itu, jika anda mendapati anak kurang dalam hal makan maka penting bagi anda untuk mengetahui cara mengatasi balita susah makan. Hal ini penting karena dengan gizi yang seimbang memiliki peran penting dalam memastikan tumbuh kembang anak agar bisa berjalan dengan optimal. Jika anda menghadapi anak yang susah makan, maka berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan dirumah.

3 Cara Mengatasi Balita Susah Makan dengan Baik dan Benar

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi balita yang sulit makan. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mencari tahu penyebab anak susah makan. Hal ini penting karena dengan mengetahui anak susah makan maka anda bisa mencari makanan lain untuk anak. Biasanya ada berbagai alasan yang bisa membuat anak susah makan. Misalnya saja karena bosan, tidak menyukai rasa, bentuk, tekstur hingga bau makanannya. Mungkin saja anak mengalami gangguan kesehatan pencernaan atau gangguan kesehatan lainnya. Dengan mengetahui penyebabnya maka para ibu bisa menerapkan cara untuk mengatasi anak yang susah makan dengan tepat.

Selain itu, cara mengatasi balita susah makan adalah dengan memperkenalkan makanan baru secara bertahap. Kadang-kadang, anak bukannya tidak suka akan tetapi ia sekedar belum mengenal makanan baru yang ibu sajikan. Jika anak menolak makanan yang disajikan maka sebaiknya ibu jangan memaksanya untuk makan. Hal ini bisa menyebabkan anak trauma untuk makan. Dengan kata lain, para orang tua sebaiknya pelan-pelan memperkenalkan makanan tersebut. Penelitian menyebutkan bahwa tidak sedikit anak yang butuh untuk mencoba sebuah makanan berkali-kali hingga 11 kali sebelum akhirnya ia menyukainya. Ada baiknya juga jika anda selalu mencoba untuk menyajikan makanan baru bersamaan dengan makanan yang anak suka atau yang sudah biasa makan.

Seorang ibu juga perlu mengingat bahwa kapasitas seorang anak itu memiliki batas sehingga berbeda dengan orang dewasa. Dengan kata lain, para orang tua seharusnya mengisi piring anaknya sesuai dengan porsinya. Ada baiknya jika memberikan porsi makanan pada anak sedikit demi sedikit. Cara ini lebih baik untuk bisa mencegah makanan di piring anak menjadi dingin sebelum habis dan membuat anak tidak berselera. Jangan lupa juga untuk menyajikan poranak untuk mengenalkan makanan baru.

Itulah beberapa cara mengatasi balita susah makan yang bisa dilakukan oleh para orang tua dirumah. Selain beberapa cara tersebut, anda juga sebaiknya memperhatikan makanan yang disukai anak dan rancang menu sehat yang menyerupai makanan kesukaannya. Dengan cara ini, anak akan mengkonsumsi makanan yang anda buat dan berfikir makanan kesukaan mereka.