Fintech OJK Dalam Asosiasi Fintech Indonesia

Ada cara cepat saat ini untuk orang-orang yang butuh dana segar. Banyak fintech OJK yang bisa menjadi pilihan untuk membantu masyarakat mendapatkan modal untuk membangun usaha demi memenuhi kebutuhan hidup.

Fintech bukanlah hal yang asing lagi di era teknologi saat ini. Namun, sejauh apakah peran asosiasi fintech di Indonesia? Meski masih baru, tetapi perkembangan bisnis fintech menunjukkan tren positif dan cukup diminati saat ini.

Asosiasi Fintech Indonesia

Kehadiran fintech telah membantu masyarakat sehingga akses pada produk-produk keuangan digital menjadi lebih mudah. Tidak hanya itu saja, keberadaan fintech juga membantu masyarakat meningkatkan literasi keuangan mereka.

Banyaknya bisnis fintech di Indonesia, rata-rata dikuasai oleh startup serta perusahaan dengan potensi besar. Sebagai tempat perkumpulan fintech Indonesia, berbagai macam task force dan working group rutin dilakukan Asosiasi Fintech untuk para anggotanya.

Asosiasi fintech dibentuk untuk menghimpun berbagai institusi dan perusahaan fintech di Indonesia. Visi yang diemban oleh asosiasi fintech yaitu menjadi mitra yang terpercaya dalam mewujudkan ekosistem fintech Indonesia. Lewat asosiasi ini, perusahaan maupun masyarakat dapat bekerja sama dan saling merasa aman dalam menjalankan aktivitas bisnisnya.

Asosiasi fintech berfungsi untuk:

  • Melakukan riset untuk membuat kebijakan yang dapat mendorong kemajuan fintech
  • Menjadi penghubung antara lembaga fintech nasional dan internasional

Asosiasi fintech juga ada dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan dan fintech yang berada dalam wadah ini juga dipastikan adalah fintech OJK yang aman serta sudah terlindungi secara badan hukum.

Oleh karena itu pihak OJK sangat menyarankan pada masyarakat untuk lebih teliti dan cermat saat memutuskan untuk menambah modal usaha dengan menggunakan jasa fintech.

Bila sampai salah memilih fintech, pihak OJK tidak dapat melakukan banyak hal kecuali menutup fintech yang sudah nakal tersebut.

Alasan yang diberikan oleh OJK bukan tanpa sebab tentunya, karena korban dari fintech yang ilegal sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Maka dari itu, untuk menjaga diri dan aset Anda sebaiknya patuh dengan saran yang diberikan oleh OJK selaku pengawas fintech-fintech yang ada saat ini. Semoga bermanfaat!