Kenali 3 Jenis Kabel Listrik untuk Instalasi Rumahan yang Tepat

Setiap rumah tentu memiliki instalasi listrik. Listrik menjadi salah satu hal yang paling penting untuk kehidupan sehari-hari. Barang yang tak kalah pentingnya yaitu kabel listrik.

Kabel memiliki fungsi untuk menyambungkan peralatan elektronik ke sumber listrik. Ada banyak sekali jenis-jenis kabel yang bisa Anda temukan dipasaran sehingga Anda harus memahami dengan betul perbedaan dan fungsinya.

Berikut ini adalah jenis-jenis kabel listrik yang umum digunakan untuk instalasi listrik di rumah maupun di gedung.

Jenis Kabel yang Sering Digunakan untuk Instalasi Listrik Rumah

1. Kabel NYM

Bagi Anda yang ingin mencari kabel untuk instalasi listrik di rumah yang awet dan tahan lama, kabel listrik jenis NYM adalah kabel yang tepat. Kabel ini biasanya berukuran 1,5mm dan 2,5mm.

Kabel NYM sering digunakan untuk instalasi listrik terutama untuk hunian maupun rumah-rumah. Selain awet, harga kabel ini juga cukup terjangkau. Ada bisa mendapatkan kabel jenis NYM dari Eterna yang di jual dengan harga 500ribuan per 50meter.

2. Kabel NYA

Jenis kabel lainnya yang umum digunakan yaitu kabel jenis NYA. Kabel ini terbuat dari tembaga dan biasanya dilapisi dengan bahan isolator. Bahan pelapisnya yaitu PVC yang melapisi satu lapis kabel ini.

Kabel ini menjadi salah satu kabel yang sangat cocok digunakan untuk dirumah karena kabel ini bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Per 50meter, kabel ini biasanya dijual seharga 144.000 rupiah di e-commerce maupun marketplace.

3. Kabel NYY

Jenis kabel yang umum digunakan pada instalasi listrik di rumah yaitu kabel jenis NYY. Kabel listrik ini sangat awet untuk digunakan. Hal yang menjadi keunggulan dari kabel ini yaitu dapat ditanam di dalam tanah sehingga aman dari gigitan tikus.

Kabel ini juga cocok digunakan untuk di dalam ruangan maupun diluar ruangan. Anda bisa mendapatkan kabel listrik jenis NYY dari merek Eterna dengan harga 579.000 per 50 meter.

Itulah beberapa jenis kabel yang umum digunakan pada instalasi listrik rumahan. Anda bisa memilih kabel sesuai dengan kebutuhan di rumah Anda.