Lebih Sehat Mana, Pisang Hijau Atau Pisang Kuning?

Buah pisang  merupakan jenis yang bisa dipilih dan dikonsumsi secara langsung atau dibuat olahan yang lezat. Pisang merupakan buah yang mudah ditemukan, mempunyai harga murah, dan rasa manis ketika dimakan. Sehingga dengan berbagai keunggulan tersebut tidak heran apabila buah pisang menjadi salah satu buah yang paling banyak digemari dan dicari oleh orang. Buah pisang selain bisa dipilih dari jenisnya juga bisa dibedakan dari warnanya yaitu ada buah pisang hijau dan pisang kuning. Kedua jenis pisang tersebut tentu saja mempunyai manfaatnya masing-masing yang akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Mengenal Jenis Buah Pisang dari Warnanya

Buah pisang sebenarnya tidak hanya mempunyai warna kuning dan hijau saja yang dapat ditemui di pasaran. Ada jenis pisang yang mempunyai warna merah bahkan juga biru. Warna kuning dan hijau biasanya lebih umum ditemukan dan juga bisa menjadi petunjuk dari tingkat kematangan pisang tersebut. Walaupun juga ada jenis buah pisang yang akan tetap mempunyai warna hijau apabila sudah matang. Untuk mengenal buah pisang berdasarkan warna kematangannya tersebut pada umumnya Anda bisa memperhatikan warnanya seperti berikut:

  • Pisang warna hijau merupakan jenis yang umumnya masih mentah. Untuk jenis pisang hijau matang mempunyai banyak kandungan yang dipunyai. Mulai dari dapat untuk membantu menurunkan berat badan, bagus untuk penderita diabetes, dan juga kaya akan bakteri probiotik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.
  • Pisang warna kuning merupakan jenis yang paling umum ditemukan. Pisang ini umumnya lebih matang dan akan mudah dicerna. Pisang kuning juga mempunyai kandungan gula yang sederhana sehingga membuat rasanya lebih manis dibandingkan pisang hijau. Pisang kuning yang mudah ditemukan seperti jenis pisang cavendish.
  • Pisang kuning dengan bintik coklat menunjukkan buah tersebut mempunyai banyak pati resisten. Sehingga hal tersebut membuat pisang warna ini mempunyai kandungan gula yang lebih tinggi. Warna pisang ini juga mempunyai kandungan antioksidan yang juga semakin tinggi, sehingga bagus untuk mencegah penyakit kanker.
  • Pisang warna cokelat mempunyai tekstur lembek, sudah dekat busuk, mempunyai kandungan gula dan antioksidan yang paling tinggi.

Mengenal Manfaat Pisang Hijau dan Pisang Kuning

Pisang hijau biasanya merupakan warna pisang yang belum terlalu matang. Apabila mengonsumsi buah ini saat masih setengah matang ini juga akan memberikan manfaat kesehatan yang bisa dirasakan. Seperti buah pisang hijau mempunyai manfaat dapat untuk meningkatkan gula darah tidak berlebihan seperti pisang kuning. Pisang hijau juga mempunyai kandungan pati yang dapat mudah dicerna dan membuatnya menjadi sumber energi yang dibutuhkan tubuh.

Pisang kuning seperti jenis pisang Cavendish yang sudah matang juga mempunyai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan. Buah pisang matang mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan seperti air, gula, protein, vitamin, mineral, dan juga lemak. Pisang kuning juga mempunyai rasa manis dan bisa diolah menjadi makanan maupun minuman yang lezat untuk dinikmati.

Walaupun mempunyai warna yang berbeda, tetapi pisang hijau maupun pisang kuning tetap memberikan manfaatnya masing-masing. Sehingga hal tersebut kembali lagi pada kebutuhan Anda dan kondisi kesehatan yang dipunyai. Bagi yang mempunyai diabetes akan lebih baik memilih pisang hijau karena lebih rendah gula. Untuk membeli pisang kuning maupun pisang hijau, Anda bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau dan banyak pilihan yang tersedia di TaniHub yang bisa dibeli mudah cukup secara online.