Mengenal Apa Itu NFC?

Hampir semua orang telah mendengar tentang teknologi seluler baru yang dikenal sebagai “NFC”. Namun, banyak yang belum mengetahui apa itu NFC dan bagaimana cara kerjanya. Komunikasi jarak dekat hanyalah sekelompok standar komunikasi untuk komunikasi antara dua peralatan elektronik melalui jarak pendek hingga menengah. Ini adalah standar yang cukup murah dan mendapatkan popularitas di pasar ponsel. Pada artikel ini, kita akan membahas cara menggunakan NFC di Android.

Sebelum masuk ke cara menggunakan nfc di android, mari kita bahas apa itu. Ponsel yang memiliki chip mikro berkemampuan internet menampilkan kode batang di layar yang mengidentifikasinya secara unik di antara ponsel sejenis lainnya. Kode identifikasi unik ini biasanya disebut sebagai IMEI, EMA, atau kode AMoled. Kode identifikasi unik ini kemudian dapat dikirim ke smartphone untuk menentukan ketersediaan layanan. Karena kode unik ini, kode tersebut dapat dikumpulkan dan dicocokkan dengan perangkat yang kompatibel untuk mengidentifikasi telepon dan membuat layanan. Beberapa ponsel juga akan memungkinkan pengguna untuk memindai kode batang sehingga mereka dapat memperoleh akses ke item seperti aplikasi dan game.

Salah satu cara untuk memahami cara menggunakan nfc di android adalah dengan mempertimbangkan cara kerja perangkat seluler serupa lainnya. Sebagian besar ponsel memungkinkan Anda menjelajahi web di perangkat Anda. Sebagian besar telepon memungkinkan Anda untuk memanggil nomor. Beberapa telepon memungkinkan Anda untuk memindai item seperti tanda terima atau peta sehingga Anda dapat menemukannya dalam kondisi yang sama seperti perangkat asli Anda. Persamaan dan perbedaan antara semua fungsi dan kemampuan yang berbeda ini menunjukkan titik awal NFC.

Cahaya inframerah bergerak hanya dalam satu arah. Agar teknologi ini dapat bekerja di dunia nyata, ia harus menyerap panas tubuh manusia. Sebuah emitor khusus di dalam unit memancarkan cahaya ini dan diserap oleh tubuh. Perangkat menafsirkan ini sebagai data dan kemudian mengirimkan informasi ini ke transceiver dan melalui udara.

Pada tahun-tahun sebelumnya, teknologi nirkabel terbatas pada satu saluran. Smartphone modern menggunakan teknologi Bluetooth untuk berkomunikasi satu sama lain tetapi masih hanya mampu berkomunikasi dengan beberapa perangkat terdekat. Untuk mengatasi masalah kompatibilitas ini, industri operator nirkabel mengembangkan penggunaan MIM atau teknologi chip tertanam multifungsi yang memungkinkan dua perangkat untuk berkomunikasi satu sama lain menggunakan frekuensi tunggal.

Ini adalah teknik yang sama yang digunakan oleh militer Amerika Serikat untuk mengirim pesan bolak-balik menggunakan gelombang radio. Ketika dua perangkat nirkabel dipasangkan bersama menggunakan MIM, mereka dapat berkomunikasi menggunakan gelombang radio yang independen satu sama lain. Gelombang radio ini diambil oleh perangkat berkemampuan MIM dan dikirim ke penerima. Dengan mengirim dan menerima informasi ini, dua perangkat akan dapat berinteraksi satu sama lain tanpa perlu menggunakan gelombang radio terpisah.

Segera setelah perkembangan ini, perangkat berkemampuan nfc mulai hadir dengan radio mereka sendiri. Radio ini beroperasi pada frekuensi radio mereka sendiri secara independen dari ponsel. Di masa lalu, smartphone dan perangkat berkemampuan nfc lainnya tidak dapat berkomunikasi satu sama lain secara langsung. Satu-satunya cara untuk menghubungkannya adalah dengan menggunakan antena tunggal yang hanya dapat menangkap satu frekuensi. Dengan perkembangan teknologi baru, ponsel sekarang dapat berkomunikasi satu sama lain secara langsung tanpa menggunakan antena terpisah.

Kedepannya, diharapkan setiap smartphone akan memiliki kemampuan untuk menggunakan nfc. Teknologi ini akan digunakan tidak hanya untuk komunikasi tetapi juga untuk keamanan saat anda mengunjungi salah satu dari alamat video terlarang yang banyak beredar di internet. Seorang pencuri dapat mengganggu panggilan Anda dengan bunyi bip kecil yang mengganggu jika Anda menjawab telepon saat sedang dihidupkan. Anda juga akan dapat melihat siapa yang menelepon perangkat android Anda melalui chip GPS yang terletak di perangkat Anda. Dengan semua fungsi ini, kita pasti dapat mengatakan bahwa integrasi nfc ke ponsel dan gadget lainnya akan menjadi langkah besar untuk membuat dunia maya lebih aman dan lebih aman.