Surabaya, Kota Bersejarah di Bagian Timur Pulau Jawa  

Surabaya sebagai kota bersejarah di bagian timur Pulau Jawa – Surabaya sebagai Ibu kota provinsi Jawa Timur ini merupakan kota besar kedua setelah Jakarta. Surabaya sendiri sudah bisa disebut sebagai daerah metropolitan. Hal ini dikarenakan perekonomian di Surabaya mampu berkembang pesat.

Surabaya, Kota Pahlawan

Surabaya sendiri terkenal dengan sebutan kota pahlawan. Bagaimana Surabaya bisa sampai disebut sebagai kota pahlawan?. Julukan ini tidak lepas dari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia melawan penjajahan dari Belanda.

Peristiwa ini bermula dari berkibarnya bendera belanda di atas Hotel Yamato. Peristiwa ini terjadi di bulan September tahun 1945. Ketika itu masyarakat Surabaya mampu melucuti senjata dari tantara Jepang sebagai bentuk dari perlawanan mereka. sedangkan di kota-kota lain, Jepang masih menduduki kota-kota tersebut.

Ketika melihat Tindakan provokatif dari Belanda dengan mengibarkan bendera Belanda di Hotel Yamato. Emosi arek-arek suroboyo menjadi tersulut. Dengan penuh keberanian mereka mendatangi Hotel Yamato dan mampu merobek bendera Belanda menjadi Bendara Dwi Warna Indonesia.

Peristiwa hotel Yamato ini menjadi salah satu momen bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Arek-arek Suroboyo mampu membuktikan keberanian mereka adalah senjata yang paling ampuh untuk melawan penjajahan.

Surabaya dan perkembangannya

Dilihat dari sisi sejarah, sangat layak jika Surabaya dijuluki sebagai kota Pahlawan. Banyak tokoh-tokoh pendidikan yang lahir di Indonesia. Bung Tomo, seorang orator ulung yang mampu membakar semangat arek-arek Suroboyo mampu memukul mundur tantara Belanda. K.H. Mas Mansyur, seorang cendikiawan yang mendirikan organisasi-organisasi besar dan partai-partai politik yang berbasiskan Islam juga lahir di Surabaya.

Andi F Noya, jurnalis handal yang kita kenal dengan program Kick Andy, besar dan lama menetap di Surabaya. Andi Noya sendiri banyak bergerak di bidang kemanusiaan. Pengaruh dari tokoh-tokoh inilah yang akhirnya membawa Surabaya layak disebut sebagai Kota Pahlawan.

Semangat Surabaya yang Tak Pernah Padam

Karakter kuat dan semangat yang tidak pernah luntur menjadi ciri khas dari arek-arek Suroboyo. Sebuah klub sepakbola Surabaya yang kita kenal dengan Persebaya contohnya. Klub sepakbola ini tergolong dalam klub yang kualitasnya tidak diragukan.

Jejeran pemain yang handal serta pelatih yang kuat makin memperkuat Persebaya di dunia sepak bola Indonesia. seperti dilansir dari dieselpunks.org, digadang-gadang menjadi kandidat liga 1 di Indonesia.

Dengan deretan sejarah, tokoh dan prestasi yang mampu ditorehkan arek-arek Suroboyo, Surabaya memang pantas mendapatkan julukan Kota Pahlawan.